Indeks Reformasi Birokrasi Brebes Melejit Tinggi

Diterbitkan oleh Achmad Sholeh pada Rabu, 7 Februari 2024 23:20 WIB dengan kategori Jawa Tengah dan sudah 96 kali ditampilkan

BREBES - Indeks Reformasi Birokrasi (IRB) Kabupaten Brebes mengalami peningkatan signifikan dari kategori CC menjadi BB dalam penilaian IRB tahunan oleh Kementerian Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB). Kabupaten Brebes pada 2022 memiliki Indeks RB sebesar 58,54 yang menempatkannya dalam kategori CC. Sedangkan pada tahun 2023, Kabupaten Brebes berhasil meningkatkan Indeks RB sebanyak 15 poin menjadi 73,72 sehingga mengangkatnya ke kategori BB.

Demikian disampaikan Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan melalui dalam telekonfren di kanal Youtube Kementerian PANRB Selasa (6/2/2024)

Sekda Brebes Djoko Gunawan melalui Asisten Sekda bidang Administrasi Umum Eko Supriyanto menyampaikan, bahwa peningkatan ini menunjukkan upaya serius dan komitmen yang kuat dari pemerintah daerah dalam melakukan reformasi birokrasi dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan publik serta efisiensi dan efektivitas pengelolaan administrasi.

“Untuk mewujudkan hal tersebut, langkah-langkah strategis yang diambil oleh pemerintah daerah, antara lain penguatan tata kelola, peningkatan kualitas sumber daya manusia, dan penggunaan teknologi informasi yang lebih baik,” ungkapnya. 

Lebih lanjut Eko menjelaskan, kategori BB menunjukkan bahwa Kabupaten Brebes telah mencapai standar yang lebih tinggi dalam reformasi birokrasi, namun tetap memiliki potensi untuk terus meningkatkan kinerja administratifnya. Peningkatan ini juga dapat menjadi dorongan positif bagi pemerintah daerah untuk terus melakukan inovasi dan pembenahan dalam mengelola birokrasi, sehingga mampu memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.

Selain itu, peran serta seluruh stakeholder, termasuk masyarakat, organisasi non-pemerintah, dan sektor swasta, juga sangat penting dalam mempercepat proses reformasi birokrasi dan menciptakan lingkungan administratif yang lebih responsif dan akuntabel.

Peningkatan IRB Kabupaten Brebes menjadi kategori BB, tambah Eko, merupakan pencapaian yang harus terus dijaga serta ditingkatkan ke depannya. Sehingga birokrasi yang lebih efisien, transparan, dan mampu memberikan pelayanan yang berkualitas kepada seluruh Masyarakat dapat terwujud.