Pj Gubernur Jawa Tengah Sampaikan 4 Indikator Sukses Pemilu 2024

Diterbitkan oleh Achmad Sholeh pada Rabu, 7 Februari 2024 23:22 WIB dengan kategori Jawa Tengah dan sudah 79 kali ditampilkan

SEMARANG - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana menyampaikan 4 (empat) Indikator dalam mensukseskan pemilu tahun 2024. Hal tersebut disampaikan dalam sambutannya pada acara #DemiIndonesia Cerdas Memilih yang diselenggarakan atas kerjasama Detik.com dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI yang berlangsung di Ballroom Pandanaran 1, Padma Hotel Semarang, Senin (5/2/2024) siang.

Pj Gubernur Jawa Tengah menjelaskan indikator sukses pemilu 2024 yang pertama adalah bahwa partisipasi politik masyarakat harus tinggi. Pihaknya berharap partisipasi masyarakat di Jawa Tengah ini akan terus lebih baik dibandingkan dengan lima tahun yang lalu.

"Rencana target kami di Jawa Tengah minimal 80 persen. Di kesempatan ini juga kami sampaikan kepada para Bupati dan Wali Kota untuk mempunyai target yang sama," ujar Nana Sudjana

Yang kedua, Nana Sudjana menyampaikan bahwa kesuksesan pemilu adalah berjalannya setiap tahapan. Ia mengatakan bahwa sampai saat ini pentahapan sudah berjalan dengan baik dan pihaknya akan terus mengawal baik dari TNI, Polri, Pemerintah Daerah (Pemda) dan juga instansi terkait lainnya.

Yang ketiga terjaganya iklim yang kondusif. Nana Sudjana menyebut suatu hal yang positif bahwa masyarakat di Jawa Tengah mampu bersama-sama menjaga dan bersama sama dengan TNI, Polri, Pemda dan Instansi terkait lainnya mengawal pesta demokrasi ini dengan baik dan kondusif.

Yang keempat adalah pemerintahan. Dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat roda pemerintahan harus tetap berjalan. 

"Alhamdulillah sampai saat ini dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat akan terus kita kawal," ujar Nana Sudjana.

Acara #DemiIndonesia Cerdas Memilih yang bertujuan untuk meningkatkan literasi masyarakat soal Pemilu 2024 turut dihadiri oleh Wali Kota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono bersama Bupati/Wali Kota se-Jawa Tengah, Jajaran Forkopimda Provinsi Jawa Tengah, serta para akademisi dan pelajar.

Pada sesi talkshow yang pertama membahas tema Mengatasi Potensi  Kerawanan dan Penegakan Hukum untuk Demokrasi yang Sehat disampaikan oleh narasumber antara lain Ketua Bawaslu Jawa Tengah, Muhammad Amin, Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Lutfhi, Pangdam IV Diponegoro, Mayjen TNI Tandyo Budi Revita dan Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah, I Made Suarnawan.

Sedangkan pada sesi talkshow yang kedua membahas tema Menuju Pemilu Damai disampaikan oleh narasumber antara lain Ketua KPU Jawa Tengah, Handi Tri Ujiono, Rektor UNDIP, Yos Johan Utama dan Ketua KPID Jawa Tengah, Muhammad Aulia Assyahiddin.