Strategi Terbaru Dalam Pengembangan SDM Untuk Memaksimalkan Potensi Karyawan Agar Unggul Dalam Bersaing

Diterbitkan oleh Redaksi pada Selasa, 23 April 2024 17:30 WIB dengan kategori Opini Suara Mahasiswa dan sudah 172 kali ditampilkan

Arib Darlicza
STIE Pembangunan Tanjungpinang, Indonesia  
Email : aribdarlicza2001@gmail.com 

Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan faktor kunci dalam sebuah organisasi yang dibangun berdasarkan kebutuhan dan pelaksanaan. SDM bertugas untuk mencari, menyaring, merekrut, dan melatih calon karyawan, serta mengelola tunjangan mereka. Hal ini sangat penting dalam menghadapi perubahan cepat di lingkungan bisnis dan permintaan akan pekerja terampil di era ini.
Pengelolaan SDM yang efektif sangatlah vital untuk mendukung strategi perusahaan dalam meningkatkan daya saing di pasar global dan menciptakan keunggulan bersaing. Setiap perusahaan tentu menginginkan karyawan yang berkualitas. Ketika mempekerjakan karyawan, harapannya adalah mendapatkan individu yang memiliki kualitas tinggi. Dengan memiliki karyawan yang berkualitas, perusahaan berharap bahwa pekerjaan yang dilakukan akan berjalan dengan sempurna. Mereka diharapkan dapat menyelesaikan tugas dengan cepat, efisien, dan dalam jumlah yang banyak. Namun, harapan tersebut tidak selalu terwujud dengan sempurna. Terkadang, karyawan tidak mampu memenuhi kriteria yang diinginkan, atau kinerjanya menurun karena berbagai masalah. Dalam situasi seperti ini, perusahaan perlu melakukan pengembangan SDM secara berkala untuk meningkatkan kinerja karyawan dan mengatasi masalah yang mungkin muncul. 
Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) adalah suatu upaya untuk meningkatkan kemampuan individu-individu di dalam perusahaan dengan tujuan meningkatkan produktivitas. Kemampuan SDM di dalam perusahaan memiliki dampak yang besar terhadap produktivitas kerja di lingkungan organisasi tersebut, seperti yang dibahas dalam buku "Sumber Daya Manusia + Produktivitas Kerja". Proses pengembangan SDM melibatkan penyelesaian berbagai masalah yang muncul di dalam perusahaan, termasuk masalah yang berkaitan dengan buruh, manajer, karyawan, pegawai, dan tenaga kerja lainnya.

Setelah dilakukan pengembangan SDM, perusahaan dapat melaksanakan tujuan yang telah ditetapkan. Strategi pengembangan SDM adalah rencana jangka panjang yang bertujuan untuk mempersiapkan karyawan agar dapat beradaptasi dan berkontribusi sesuai dengan perkembangan dan perubahan dalam perusahaan. Pengembangan SDM merupakan kegiatan yang harus dilakukan oleh organisasi untuk memastikan bahwa pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan karyawan sesuai dengan tuntutan pekerjaan yang mereka jalankan.

Dengan melakukan kegiatan pengembangan SDM, diharapkan dapat memperbaiki dan mengatasi kekurangan dalam pelaksanaan pekerjaan. Kegiatan pengembangan karyawan dirancang untuk menghasilkan karyawan yang mampu berprestasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan dalam menghadapi perkembangan di masa depan. Sedangkan Strategi adalah langkah-langkah yang ditetapkan oleh pimpinan tertinggi suatu organisasi untuk mencapai tujuan jangka panjangnya. Saat ini, daya saing perusahaan tidak hanya bergantung pada teknologi atau pasar yang terlindungi, tetapi lebih pada kualitas sumber daya manusia. Sumber daya manusia merupakan aset yang tidak mudah ditiru, langka, dan memberikan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan bagi perusahaan. Pernyataan ini juga disampaikan oleh CEO General Electric, Jack Welch, yang menyatakan bahwa satu-satunya cara bagi GE untuk bersaing adalah melalui keunggulan sumber daya manusia.

Ada beberapa strategi terbaru dalam pengembangan SDM untuk memaksimalkan potensi karyawan agar semakin unggul dalam bersaing : 
1.    Dengan melakukan pelatihan 
Untuk meningkatkan kemampuan dan kinerja pegawai di perusahaan atau pemerintahan, pelatihan menjadi langkah utama. Pelatihan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap individu. Tanpa pegawai yang memiliki minat dan keterampilan yang memadai, baik perusahaan maupun pemerintahan tidak akan dapat berkembang secara optimal. Melalui pelatihan, potensi pegawai dapat digali dan dikembangkan, yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas mereka. Setiap entitas, baik perusahaan maupun pemerintahan, biasanya menerapkan pelatihan khusus agar kualitas pegawai dapat ditingkatkan.
2.    Pendidikan
Cara mengembangkan SDM yang bisa dilakukan oleh perusahaan maupun pemerintahan adalah dengan pendidikan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas, yang berarti pengembangan formal yang berdampak langsung pada karier individu. Karyawan atau aparat di kedua entitas ini memerlukan pendidikan guna membantu mereka menghadapi berbagai tantangan dalam pekerjaan mereka. Pendidikan menawarkan beragam metode untuk mengatasi berbagai masalah yang muncul.
3.    Pembinaan 
Untuk membina karyawan atau aparat di perusahaan atau pemerintahan, langkah-langkahnya bisa dimulai dengan mengatur dan mengembangkan mereka sebagai bagian dari sistem organisasi. Ini bisa dilakukan melalui berbagai program penilaian dan perencanaan. Dengan cara ini, kita bisa memastikan bahwa SDM yang dihasilkan dari pembinaan tersebut akan memiliki kualitas yang lebih baik. Selain untuk mengembangkan kemampuan, pembinaan SDM juga penting untuk membuat karyawan atau aparat memahami alasan di balik kebijakan dan aturan yang ada di perusahaan atau pemerintahan. Ini termasuk SOP yang harus diikuti dengan penuh pengertian dan kesadaran.
4.    Recruitment 
Proses rekrutmen ini bertujuan untuk mendapatkan sumber daya manusia yang sesuai dengan tujuan dan visi perusahaan atau pemerintahan. Biasanya, langkah ini diambil saat menilai pelamar yang ingin bergabung dengan organisasi tersebut. Selain itu, strategi rekrutmen juga diterapkan untuk memastikan bahwa calon pegawai atau aparatur yang dipilih memiliki kemampuan dan kompetensi yang diperlukan. Dengan demikian, proses ini menjadi alat penting dalam pengembangan dan peningkatan kinerja organisasi. Dalam melakukan rekrutmen, perusahaan atau pemerintahan harus mempertimbangkan kebutuhan spesifik yang ada. Hal ini dapat mencakup keahlian teknis, kemampuan interpersonal, serta kepatuhan terhadap regulasi dan kebijakan yang berlaku. Dengan mengikuti strategi rekrutmen yang tepat, perusahaan atau pemerintahan dapat memastikan bahwa mereka memiliki tim yang berkualitas dan berkinerja tinggi untuk mencapai tujuan organisasi.
5.    Mengadakan perubahan system
Dalam mengadaptasi sistem serta prosedur di sebuah perusahaan atau lembaga pemerintahan, dapat dilakukan dengan mengubah sistem yang telah ada demi meningkatkan kinerja dan efisiensi. Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi terhadap kemungkinan ancaman dan peluang dari lingkungan eksternal. Sistem yang ada di dalam perusahaan atau lembaga pemerintahan biasanya dirancang untuk mendukung berbagai aktivitas dan operasional agar dapat berjalan lebih efektif. Untuk menciptakan sistem yang optimal, seringkali pemimpin perusahaan atau lembaga pemerintahan membutuhkan bantuan konsultan bisnis atau konsultan pemerintah yang memiliki pengalaman agar sistem yang diterapkan dapat berjalan dengan baik.
6.    Kesempatan 
Beri kesempatan kepada setiap pegawai atau pejabat untuk mengemukakan ide atau gagasan mereka, yang akan memajukan perusahaan atau pemerintahan tersebut. Sehingga pegawai atau pejabat di dalam perusahaan atau pemerintahan itu akan memiliki kontribusi masing-masing bagi perusahaan atau pemerintahan. Hal itu juga akan membuat pegawai atau pejabat merasa lebih dihargai sekaligus membuat mereka menjadi lebih berkembang lagi.
7.    Penghargaan 
Memberikan penghargaan kepada karyawan atau aparat yang telah mencapai prestasi istimewa dalam perusahaan maupun pemerintahan adalah suatu langkah penting dalam pengembangan sumber daya manusia. Tindakan ini tidak hanya meningkatkan motivasi mereka, tetapi juga memiliki dampak positif yang signifikan bagi perusahaan atau pemerintahan. Sumber daya manusia memiliki peran yang tak terbantahkan dalam kemajuan sebuah organisasi. Dengan memberikan penghargaan kepada individu yang telah berprestasi, kita memberikan pengakuan atas kontribusi dan dedikasi mereka. Hal ini tidak hanya memotivasi penerima penghargaan untuk terus berkinerja tinggi, tetapi juga menginspirasi rekan-rekan mereka untuk mengejar prestasi yang sama. 
Pengembangan sumber daya manusia merupakan investasi jangka panjang bagi keberlangsungan perusahaan atau pemerintahan. Melalui strategi yang tepat dalam memberikan penghargaan dan pengakuan kepada karyawan atau aparat yang berprestasi, kita dapat membangun budaya kerja yang inklusif dan berorientasi pada prestasi. Dengan demikian, perusahaan atau pemerintahan dapat mencapai tujuan mereka dengan lebih efektif dan efisien. Oleh karena itu, penting bagi setiap organisasi untuk terus berupaya dalam pengembangan sumber daya manusia. Dengan memberikan penghargaan kepada individu yang berprestasi, kita tidak hanya memotivasi mereka untuk mencapai hasil yang lebih baik, tetapi juga membentuk lingkungan kerja yang positif dan produktif.