Strategi Pengembangan Karyawan Untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan

Diterbitkan oleh Redaksi pada Senin, 29 April 2024 11:04 WIB dengan kategori Opini Suara Mahasiswa dan sudah 122 kali ditampilkan

Fitri Novira

STIE Pembangunan, Tanjungpinang, Indonesia

Email:1fitrinovirav@gmail.com

 

Sumber Daya Manusia (SDM) adalah aset yang paling penting dalam mengembangkan dan mempertahankan kelangsungan hidup suatu organisasi. Salah satu kunci keberhasilan pencapaian tujuan organisasi adalah kinerja karyawan. Suatu organisasi harus mampu menampilkan kinerja terbaik agar dapat bersaing dalam dunia usaha. Pada saat ini suatu kinerja telah menjadi terminologi atau konsep yang sering dipakai orang dalam berbagai pembahasan dan pembicaraan, khususnya dalam kerangka mendorong keberhasilan organisasi atau sumber daya manusia. 


Pengembangan karyawan merupakan investasi strategis bagi perusahaan. Beberapa strategi yang bisa diterapkan untuk meningkatkan kinerja perusahaan melalui pengembangan karyawan antara lain: 
1.    Penyusunan program pelatihan dan pengembangan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan individu karyawan.
2.    Pembinaan keterampilan kepemimpinan dan manajerial agar karyawan mampu mengelola tim dan proyek dengan lebih efektif.
3.    Implementasi sistem mentoring dan coaching untuk memberikan arahan dan dukungan kepada karyawan dalam mengembangkan potensi mereka.
4.    Pemberian kesempatan untuk partisipasi dalam proyek-proyek strategis yang dapat memperluas wawasan dan pengalaman karyawan.
5.    Penyediaan feedback secara teratur untuk membantu karyawan memahami area-area yang perlu ditingkatkan dan mengarahkan upaya pengembangan mereka.
6.    Fasilitasi akses terhadap sumber belajar seperti kursus online, seminar, atau literatur terkait industri.

 

Dengan menerapkan strategi ini, perusahaan dapat memperkuat tim kerja, meningkatkan produktivitas, dan mencapai tujuan bisnis yang lebih tinggi.Kinerja merupakan kualitas dan kuantitas dari hasil kerja individu maupunkelompok dalam suatu aktivitas tertentu yang diakibatkan oleh kemampuan alami ataukemampuan yang diperoleh dari proses serta keinginanuntukberprestasi. (Pratama et al., 2023) SDM mempunyai peran penting pada perkembangan suatu perusahaan. Pengembangan SDM berarti sebuah proses yang dilakukan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki sumber daya manusia, baik itu yang bersifat teknikal maupun non-teknikal.


 Dalam konteks organisasi atau perusahaan, pengembangan SDM adalah program atau kegiatan yang dilakukan HRD untuk mengembangkan kemampuan karyawan agar karyawan memberikan kinerja yang baik untuk membantu pertumbuhan perusahaan. Manusia merupakan penggerak dalam berpikir dan perencana dalam mencapai tujuan organisasi, sehingga perusahaan harus memperhatikan pelatihan dan pengembangan pegawai guna meningkatkan kemampuan dan kompetensi pegawainya, sehingga mereka dapat memiliki keahlian tambahan atau dapat mengetahui potensi apa yang ada di dalam dirinya dan menyadari bahwa mereka adalah aset berharga yang dimiliki perusahaan. 


Setiap perusahaan harus berusaha dalam meningkatkan kinerja karyawan guna mencapai tujuan perusahaan. Kinerja karyawan mengacu pada prestasi seseorang yang nantinya dapat diukur berdasarkan standar kriteria perusahaan yang mana perusahaan juga harus memberikan apresiasi dan dukungan bagi karyawannya adagar dapat bekerja dengan maksimal dan memiliki kinerja yang memuaskan bagi perusahaan. 


Untuk membentuk strategi perusahaan, tentu dibutuhkan sumber daya manusia yang benar-benar mampu untuk memikirkan masa depan perusahaan, dan perlu adanya pengembangan serta penghargaan atas pencapaiannya agar kinerja dari sumber daya manusia tersebut dapat dipertahankan.