Pemko Batam Ambil Sikap Tegas Terhadap Tambang Pasir Ilegal

Diterbitkan oleh Redaksi pada Senin, 8 Desember 2014 07:06 WIB dengan kategori Batam dan sudah 813 kali ditampilkan

Pemerintah Kota Batam akan kembali menertibkan tambang pasir darat ilegal yang telah membuat kerusakan lingkungan di Batam. Pemko Batam akan mengambil ikpa tegas untuk menertibkan jalannya penambangan pasir tersebut.



"Kami segera lakukan penertiban tambang-tambang tersebut sebelum akhir tahun," kata Kepala Badan Pengendali Dampak Lingkungan Kota Batam, Dendi Purnomo di Batam, Minggu.



Ia mengatakan, tambang tidak berizin tersebar pada banyak wilayah Kota Batam dan sudah menimbulkan kerusakan lingkungan hingga ratusan hektare.



Sebelumnya, sejumlah razia juga sudah dilakukan tim yang terdiri dari Bapedal Kota Batam, Satpol PP, Direktorat Pengamanan BP Batam, Polisi dan TNI, namun tambang-tambang dengan menggunakan mesin penyedot besar tersebut terus beroperasi.



Bapedal juga mengindikasi satu lokasi tambang rata-rata ada ratusan pekerja dengan menggunakan puluhan mesin dan menghasilkan puluhan truk pasir yang dijual untuk memenuhi kebutuhan pembangunan di Batam.



"Oleh karena itu, Bapedal Batam dan tim gabungan tetap akan melakukan penertiban pada tambang-tambang tersebut," kata dia.