Facebook Tunda Rilis Aplikasi Group Moment

Diterbitkan oleh pada Sabtu, 20 Juni 2015 07:03 WIB dengan kategori Teknologi dan sudah 664 kali ditampilkan

Facebook memiliki aplikasi Messenger atau pesan instan untuk sesama pengguna Facebook mobile, dan terkini perusahaan mempunyai aplikasi baru dengan label Moment. Aplikasi terbaru tersebut memungkinkan satu grup kecil yang terdiri teman-teman Facebook untuk berbagi foto.


Dengan aplikasi tersebut, satu grup kecil bisa mengetahui foto apa yang di-share oleh teman tanpa perlu takut diketahui oleh orang lain di luar grup. Dilansir Itproportal, Jumat (19/6/2015), aplikasi ini telah hadir di Amerika Serikat, tetapi sayangnya Facebook menunda dirilisnya aplikasi tersebut di Eropa.

 

Moment menggunakan fitur pengenal wajah pengguna sebagai sistem identifikasi untuk mengirimkan foto kepada teman. Karena mengandalkan fitur pengenal wajah, khusus di Belgia dan Belanda, aplikasi tersebut kabarnya masih dalam investigasi terkait keamanan perangkat lunak.

 

Tidak diketahui kapan perusahaan akan meluncurkan Moment untuk negara Eropa lainnya. Richard Allan dari Facebook Eropa mengatakan bahwa aplikasi baru mereka masih ditahan untuk peluncuran di Eropa, menyusul peningkatan aktivitas regulator di wilayah tersebut.

 

Penahanan peluncuran aplikasi buatan Facebook di Eropa ini secara tidak langsung seperti memancing publik untuk melawan regulasi oleh perusahaan internet di Amerika Serikat. Ini juga sebagai peringatan bagi eksekutif Facebook untuk tidak mengambil risiko dengan merilis aplikasi ke pasar di Eropa.

 

Selama empat tahun, Facebook mencoba untuk menyasar ruang foto pribadi pengguna. Dengan aplikasi Moment, jejaring sosial yang didirikan Mark Zuckerberg itu mencari keseimbangan sempurna antara kegunaan dan privasi.(okz)